Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Timur Sampaikan Pandangan Umum Terkait Raperda APBD Perubahan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 September 2020 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Juru bicara Fraksi Pendukung DPRD Barito Timur, Roma Analta menyampaikan pemandangan umum terkait Raperda APBD Perubahan tahun 2020, melalui rapat paripurna, Jumat, 25 September 2020.

Roma Analta menjelaskan, secara umum raperda APBD perubahan yang diajukan pemerintah daerah diterima dengan baik fraksi pendukung. Namun, dia meminta agar eksekutif segera menyampaikan rincian kegiatan pada 6 SKPD yang mendapatkan tambahan anggaran dengan nilai lebih dari Rp 15,6 miliar.

Adapun 6 SKPD yang mendapatkan tambahan anggaran pada APBD perubahan yang bersumber dari dana insentif daerah, yaitu dinas perikanan sebesar Rp 1,5 miliar, dinas pertanian Rp 2,5 miliar, dinas ketahanan pangan Rp 700 juta, dinas kesehatan Rp 3,4 miliar, RSUD 4,9 miliar, dinas sosial 2,7 miliar.

Usai rapat, Ketua DPRD Barito Timur Nur Sulistio mengatakan bahwa rapat paripurna ini baru dilakukan, karena harus melalui rapat kerja dan evaluasi berkali-kali untuk menyesuaikan kondisi keuangan.

"Memang dari pagu murni APBD kita mengalami penurunan akibat pandemi covid-19. Sebagian alokasi anggaran diberikan untuk penanganan covid-19," kata Nur Sulistio.

Dia menjelaskan juga, terjadi pengurangan pada dana perimbangan sehingga harus dilakukan penyesuaian di samping target-target yang memang belum tercapai.

"Jadi pada saat rapat kerja pembahasan antara badan anggaran DPRD bersama tim anggaran dari pemerintah daerah, sudah disepakati struktur APBD perubahan," jelasnya.

"Nanti pada paripurna selanjutnya kita akan mendengar bersama pendapat akhir kepala daerah, sebelum akhirnya akan dievaluasi Gubernur Kalimantan Tengah untuk dijadikan perda," pungkasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru