Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maknai Hari Kesaktian Pancasila untuk Menjaga Khebinekaan

  • Oleh Hendri
  • 01 Oktober 2020 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah mengucapkan selamat hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Oktober.

Umi Mastikah berharap masyarakat dapat memaknainya sebagai dorongan untuk menjaga khebinekaan dalam bingkai kesatuan.

Umi Mastikah menuturkan, Indonesia adalah negara yang bersifat multikulturalisme. Hal ini tergambar dari jumlah pulau, ragam, suku, agama, serta aneka ragam budaya yang ada di dalamnya.

"Perbedaan diciptakan untung saling melengkapi bukan untuk salling memusuhi. Setiap daerah memiliki ciri khas yang merupakan kekayaan khasanah budaya bangsa Indonesia. Semuanya menyatu dalam satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air," ucapnya.

Tanggal 1 Oktober merupakan peringatan hari Kesaktian Pancasila. Salah satu momen yang melepaskan Negara Indonesia dari pemberontakan G30S/PKI yang menewaskan para Jendral terbaik di Indonesia.

"Peringatan hari kesaktian pancasila bisa dijadikan kebangkitan bagi kita semua untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme," tuturnya.

"Apapagi kita masyarakat Kota Cantik di Bumi Tambun Bungai sejak lama memegang teguh falsafah Huma Betang sebagai pedoman hidup rukun dalam keberagaman. Semangat itu jangan sampai luntur, tapi terus kita pupuk agat semakin tumbuh dan berkembang," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru