Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Edy Pratowo: Falsafah Huma Betang Bisa Dijual Sebagai Potensi Pariwisata

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 November 2020 - 21:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Calon Wakil Gubernur Kalteng, pasangan calon nomor urut 2, H Edy Pratowo mengatakan falsafah huma betang memiliki nilai jual bagi potensi pariwisata Kalimantan Tengah.

Hal ini disampaikan Edy dalam Debat Publik II Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang diselenggarakan di Inews, Kamis 19 November 2020 yang dimulai pukul 19.30 WIB.

"Bukan hanya wisata alam tapi juga wisata budaya, saya rasa ini perlu diperhatikan," katanya. Hal ini dilontarkannya sebagai tanggapan, usai pasangan calon 1 yakni Ben Brahim dan Ujang Iskandar menjawab pertanyaan dari moderator.

"Potensi wisata budaya seperti ini perlu diperhatikan. Kalteng ini kaya akan budaya etnik yang khas. Peninggalan situs budaya seperti rumah temanggung, rumah betang, merupakan peninggalan nenek moyang kita. Karena di dalam rumah panggung atau rumah betang itu merupakan ciri khas falsafah huma betang yang dianut oleh masyarakat Kalteng, di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung, ini juga bisa kita jual," tuturnya.

Debat kali ini memang mengusung tema ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah. Sayangnya calon Gubernur Kalteng dari pasangan nomor urut 2, Sugianto Sabran tidak bisa hadir dalam debat ini lantaran terkonfirmasi positif Covid-19. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru