Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produksi Lokal Ayam Broiler di Palangka Raya Belum Mencukupi Kebutuhan Warga

  • Oleh Hendri
  • 08 Januari 2021 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, produksi lokal ayam broiler atau ayam potong belum mampu memenuhi permintaan bahan baku yang diperlukan untuk konsumsi masyarakat.

Permintaan bahan baku rata-rata 18.500 per hari, sedangkan kemampuan produksi lokal hanya 10.000 per hari atau hanya 54 persen. Hal itu menyebabkan adanya ketergantungan pasokan dari luar daerah sebanyak 8.500 ekor atau 46 persen.

"Solusinya kita bikin kandang sendiri dengan kapasitas 10 ribu ekor dengan menjalin kemitraan pihak ketiga. Ternyata itu berhasil dan sudah kita panen," kata Fairid, Jumat, 8 Januari 2021.

Ketersediaan kandang ayam yang dibangun di atas tanah seluas 6,5 hektare di Kelurahan Kalampangan itu diharapkan mampu memenuhi kebutuhan daging ayam bagi masyarakat.

Manfaat lain yang diperoleh dari peternakan ayam itu juga memberikan lapangan kerja bagi para tenaga kerja yang sebelumnya kena PHK akibat pandemi Covid-19.

Peternakan itu dibangun menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. 

Sementara total anggaran yang dipergunakan sebagai upaya pemulihan ekonomi baik sektor peternakan dan pertanian mencapai Rp 3,6 miliar. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru