Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Sampah Dibuang Sembarangan, Petugas Kebersihan Kewalahan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Februari 2021 - 23:59 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masih adanya oknum warga yang kurang disiplin waktu membuang sampah dan ada yang nekat membuang sembarangan membuat petugas kebersihan Kobar kewalahan.

Berdasarkan pantauan, Sabtu, 13 Februari 2021, masih saja ditemukan sampah di lahan - lahan kosong, maupun di pinggiran jalan. Salah satunya seperti terlihat di pinggir Jalan Matnor, Kelurahan Baru dan Jalan Padat Karya Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan. Bahkan, ada yang sudah dipasang larangan membuang sampah, namun masih saja dibuang ditempat tersebut.

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar M Robbianor mengakui, memang masih ada sejumlah oknum masyarakat yang kedisiplinan dan kesadarannya rendah dalam menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Petugas kebersihan secara rutin membersihkan serta mengangkut sampah di titik-titik pembuangan sampah, bahkan dititik bukan tempat pembuangan sampah juga diangkut," ujarnya.

Dia melanjutkan, apabila sampah yang di luar tempat pembuangan itu diambil terus-terusan, warga yang bandel itu akan kembali membuang sampah di tempat semula. 

Di samping itu juga, petugas akan kewalahan apabila harus terus mengangkut sampah di luat TPS, mengingat jumlah petugas dan armada disesuaikan dengan kebutuhan.

"Bahkan sejumlah terobosan juga kita buat, dengan adanya kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang mengambil sampah ke setiap komplek rumah. Seharusnya sudah tidak ada lagi alasan buang sampah sembarangan," tuturnya.

Untuk itu, pihaknya sangat mengharapkan partisipasi masyarakat menjaga kebersihan, dengan membuang sampah pada TPS yang telah disediakan, atau bisa berlangganan jemputan sampah ke rumah yang dikelola KSM atau pihak Kelurahan dan karang taruna. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru