Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Kanwil Kemenag Kalteng Minta Pemahaman Moderasi Beragama di Madrasah Diperkuat

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Maret 2021 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, H. Abd. Rasyid meminta kepada setiap madrasah harus memperkuat pemahaman moderasi beragama di setiap pembelajaran yang diberikan.

Selain itu, konten media pembelajaran yang mengandung pemahaman moderasi agama harus diperbanyak. Dengan demikian nilai moderasi beragama dapat masuk dalam setiap pembelajaran.

"Tentu ini bisa dilakukan dari semua jenjang, mulai dari Mi, MTs, dan MA. Apapun pelajarannya sisipkan pemahaman moderasi beragama, ini juga menjadi tugas Kepala Madrasah untuk mendorong para guru melakukan hal itu," ucapnya, Kamis, 11 Maret 2021.

Dia menjelaskan, penguatan moderasi beragama merupakan agenda prioritas Kemenag dan masuk RPJMN tahun 2020-2024.

Dimana seluruh satuan kerja Kemenag wajib mewujudkan hal tersebut, termasuk dalam proses pembelajaran di madrasah.

Disebutkannya juga bahwa substansi moderasi beragama atau dalam khazanah Islam disebut wasthiyah ialah bagaimana seseorang memahami orang lain.

Dengan pemahaman moderasi beragama kepada peserta didik madrasah, maka diharapkan dapat memiliki sikap moderasi beragama yang indikatornya yaitu cinta tanah air, toleransi tinggi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal.

"Tentunya dalam setiap membuat konten moderasi beragam guru perlu memiliki kreativitas serta kompetensi literasi agama, apalagi disaat diterapkannya sistem pembelajaran daring seperti saat ini," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru