Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keberadaan Koperasi Simpan Pinjam Hingga Plasma di Kotim Harus Dalam Pengawasan Pemkab Kotim

  • Oleh Naco
  • 07 April 2021 - 16:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), H. Rudianur menyebutkan keberadaan koperasi di Kabupaten Kotim harus dalam pengawasan pemerintah kabupaten. 

Baik itu koperasi simpan pinjam hingga koperasi plasma yang bermitra dengan sektor perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Rudianur mengaku mendapat info jika di Kotim ini banyak koperasi, jangan sampai koperasi ini justru  bisa jadi wadah rentenir ataupun untuk kepentingan pribadi oknum.

Rudianur menyebutkan pengawasan itu penting agar asas koperasi di dalam pelaksanaanya memang betul diterapkan. 

Sebab kata Rudianur ada retenir yang  berkedok koperasi. Modusnya meminjamkan uang namun menggunakan bunga uang yang luar biasa. 

"Ini bukan koperasi, akan tetapi lintah penghisap, jadi koperasi hanya sekadar tameng saja,  saya harapkan hal ini harus bersama-sama kita awasi,” katanya, Rabu, 7 April 2021.

 Selain itu juga dia menyoroti koperasi fiktif yang kabarnya ada dikalangan masyarakat khususnya yang bermitra dengan perusahaan perkebunan.

Dia  mengatakan jika memang ada koperasi yang fiktif, maka tidak main-main itu akan ada sanksi pidana. Selain itu juga penertiban koperasi ini juga mengantisipasi koperasi abal-abal (bodong) yang selalu menjadikan masyarakat sebagai korban.

Misalkan koperasi fiktif yang bermitra dengan perusahaan perkebunan. Maka oknum koperasi fiktif itu akan menjual kartu plasma kepada masyarakat. (NACO/B-5)

Berita Terbaru