Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harus Ada Aturan Tentukan Besar Tarif Pembuatan SKT

  • Oleh Naco
  • 08 April 2021 - 17:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Hendra Sia menyebut perlu diaturnya besaran dan tarif pembuatan Surat Keterangan Tanah (SKT) milik masyarakat.

Aturan ini kata dia menyusul adanya keluhan mengenai tarif pembuatan yang memberatkan kepada masyarakat. Bahkan lebih baik lagi jika digratiskan mengingat sudah ada anggaran dana desa yang bisa dimanfaatkan untuk hal itu 

“Perlu ada regulasi yang mengatur secara tegas dan jelas mengenai tarif SKT ini, jangan sampai  ini menjadi sesuatu yang memberatkan bagi masyarakat kita sendiri,” kata Hendra, Kamis, 8 April 2021.

Ia mengaku menerima keluhan terkait tingginya biaya pembuatan surat keterangan tanah atau SKT sehingga sangat membebani masyarakat. 

Seperti kata dia di salah satu desa di wilayah Kecamatan Telaga Antang, Kabupaten Kotawaringin Timur, masyarakat mengeluh biaya SKT terlalu tinggi. 

Politisi Partai Perindo ini mengaku menyikapi serius keluhan tersebut, apalagi pemerintah desa memang merupakan salah satu mitra kerja Komisi I. 

Ia berharap ini juga menjadi perhatian pemerintah kabupaten untuk mengingatkan jajarannya di tingkat desa agar tidak membebani warga. 

Legislator yang mewakili daerah pemilihan 5 meliputi Kecamatan Parenggean, Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hulu, Tualan Hulu dan Bukit Santuai ini mengaku kaget mendengar keluhan yang disampaikan warga tersebut. 

Jika biaya itu resmi karena diatur dalam peraturan desa masing-masing untuk pemasukan desa, maka keluhan yang disampaikan masyarakat berarti menjadi pengingat bahwa tarif yang ditetapkan itu dirasa terlalu tinggi dan membebani warga.

Apalagi jika ternyata biaya pembuatan SKT itu di luar aturan, sudah seharusnya dihentikan. Pemerintah desa jangan sampai melakukan tindakan-tindakan melanggar hukum karena jika terbukti maka ada konsekuensi hukum yang harus diterima. 


TAGS:

Berita Terbaru