Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Adeksi Usulkan Perbaikan Kelembagaan dalam Pengelolaan Dana Alokasi Khusus

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 Juni 2021 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Asosiasi DPRD Kota se Indonesia atau Adeksi, Sigit Karyawan Yunianto mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan usulan kepada Badan Akuntabilitas Keuangan Negara atau BAKN terkait perbaikan kelembagaan dalam pengelolaan Dana Alokasi Khusus atau DAK.

"Alokasi DAK didukung capacity building bagi pemda dan DPRD. Pusat perlu menyiapkan kerangka kebijakan dan kelembagaan yang melakukan capacity building secara sistematis," kata Sigit pada Sabtu, 26 Juni 2021.

Program ini mesti sinkron dengan alur perencanaan sampai pelaporan DAK. Selain mengatasi persoalan capacity constraints Pemda dan DPRD, program ini juga menjadi instrumen bagi Pusat untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap proses implementasi DAK. 

"Pembentukan kelembagaan kolaborasi multistakeholders, mulai dari perencanaan, penganggaran, implementasi, pelaporan dan monev DAK," jelas Ketua DPRD Kota Palangka Raya ini lagi.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan bahwa Pusat perlu menginisiasi desain kebijakan dan kelembagaan yang memberi ruang kolaborasi antara pemerintah daerah, DPRD, dan stakeholders terkait di daerah. Lembaga kolaborasi ini menjadi tempat sharing knowledge dan media monitoring serta evaluasi terhadap DAK setiap tahun.

"Pola Pengelolaan DAK secara swakelola perlu dievaluasi dan dibarengi dengan pembenahan regulasi serta pemberdayaan SDM pengelola," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru