Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rotan Bisa Diandalkan di Tengah Pandemi

  • Oleh Naco
  • 28 Juli 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kotawaringin Timur, H Abdul Kadir mengakui komoditas dari sektor usaha rotan saat ini menjadi salah satu wadah untuk bertahannya ekonomi masyarakat di tengah pandemi. 

Maka dari itu kata dia bersyukur bagi masyarakat yang masih memiliki kebun rotan sehingga bisa dimanfaatkan untuk bertahan di musim pandemi Covid-19 ini.

“Kita mesti bersyukur di tengah goncangan ekonomi seperti ini masih ada tempat bertahan. Salah satunya untuk komoditas rotan," kata Kadir, Rabu, 28 Juli 2021

Sehingga kata dia petani rotan masih bisa panen dan menjual dengan harga yang dianggap mampu dan bisa bertahan ditengah pandemi ini.

Meski begitu, Kadir mengakui selama ini peran pemerintah untuk memperhatikan keberadaan kebun rotan memang masih minim. 

"Pemerintah saya anggap kurang perhatiannya untuk sektor  perkebunan karet, rotan dan sejenisnya. Padahal dengan program pengadaan bibit salah satunya menjadi salah satu upaya agar masyarakat memanfaatkan lahan, selain itu juga untuk mempertahankan sisa hutan yang ada ini,“ ucapnya.

Sebab, kata Kadir  dengan perhatian kepada petani itu maka akan berdampak positif, guna mempertahankan sisa hutan yang ada. Salah satunya penggalakan budidaya tanaman rotan. 

Sebab dalam sistem budidaya tanaman rotan tidak sembarangan menebang pohon, bahkan menambah jumlah pohon yang ada sebagai wadah untuk tumbuhnya tanaman merambat ini.

“Selain hutan masih dipertahankan juga ditambah lagi rotan punya nilai ekonomis yang barang tentu akan menambah penghasilan keluarga itu sendiri,“ pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru