Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Kelola Sendiri Dermaga Pelangsian

  • Oleh Naco
  • 20 September 2021 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Rencana pemerintah daerah untuk mengaktifkan Dermaga Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang disambut baik DPRD Kotawaringin Timur. 

Bahkan, banyak yang berharap pelabuhan ini bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kotim kedepannya, dengan cara pelabuhan itu dikelola sendiri.

“Memang harus dioptimalisasikan keberadaan dari dermaga itu. Sayang sekali jika tidak difungsikan. Dengan begitu, jika ini sudah operasional di bawah Dinas Perhubungan, bisa memaksimalkan potensi untuk menaikan pendapatan daerah kita," kata Rudianur, Senin, 20 September 2021

Menurutnya, dengan difungsikan pelabuhan ini, secara otomatis banyak aktivitas bongkar muat dipelabuhan itu nantinya. 

Bahkan selama ini pelabuhan yang tidak berizin harus diarahkan untuk bongkar muat di demaga tersebut. Sehingga tidak ada lagi 'kucing-kucingan' dengan hukum.

Selain itu, kata dia, bupati bisa mengarahkan mereka untuk bongkar muat di tempat yang legal dan sah secara hukum.

Rudianur menegaskan, dengan fungsionalnya pelabuhan ini, maka selain meningkatkan PAD juga memberikan kepastian dan kenyamanan bagi dunia usaha. 

Bahkan, tambah dia, bagi usaha bongklar muat CPO bisa dilakukan dipelabuhan itu, daripada melakukan usaha bongkar muat di pelabuhan-pelabuhan yang tidak standar dan tidak berizin lagi.

“Saya yakin kalau itu bisa fungsional maka PAD kita meningkat dan kira berani pasang target tinggi di tahun 2022 nanti untuk PAD Kotim,” tegasnya. (NACO/B-7)

Berita Terbaru