Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Beragam Keunggulan dan Risiko Koperasi SImpan Pinjam

  • Oleh Ramadani
  • 12 Oktober 2021 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakertranskop UKM) Kabupaten Barito Utara, M Mastur mengatakan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan Unit Simpan Pinjam (USP) memiliki keunggulan maupun risiko.

"Keunggulannya berupa syarat yang mudah dan proses pencairan yang cepat. Dan itu menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk memanfaatkan jasa koperasi simpan pinjam, jika dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya," kata Mastur pada pelatihan manajemen pengelolaan KSP/USP, Selasa, 12 Oktober 2021.

Namun, KSP/USP juga penuh dengan risiko. Mulai dari pengembalian pinjaman yang macet, masalah pengembalian sisa hasil usaha (SHU), hingga penyelewengan keuangan oleh oknum pengurus atau pengelola.

Dia juga mengatakan, melihat peran strategis KSP/USP koperasi bagi masyarakat serta besarnya resiko yang dihadapi dalam menjalankan usaha, maka Kementerian Koperasi dan UKM RI menetapkan dana alokasi khusus non fisik program Pengembangan Kapasitas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PK2UKM).

“Program PK2UKM ini bertujuan untuk membantu peningkatan kapasitas pengurus koperasi khususnya bagi yang mengelola KSP atau USP koperasi di daerah melalui pelatihan dan pendampingan,” katanya.

Untuk itu, kurikulum pelatihan telah disusun sedemikian rupa guna memaksimalkan kemampuan peserta dalam mengelola usaha simpan pinjam serta pelaporan keuangannya. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru