Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Dukcapil Palangka Raya Optimalkan Pendataan Penduduk Untuk Sukseskan Vaksinasi

  • Oleh Hendri
  • 19 Oktober 2021 - 22:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Palangka Raya mengoptimalkan pendataan penduduk dalam mendukung vaksinasi Covid-19

Plt Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya, Supriyanto mengatakan bentuk dukungan itu terutama bagi masyarakat rentan dan masyarakat umum yang belum memiliki nomor induk kependudukan atau NIK untuk selanjutnya didata dan segera diberikan KTP-el.

"NIK salah satu syarat bisa divaksin. Maka itu Disdukcapil Palangka Raya jemput bola (jebol) mendata warga yang belum memiliki NIK atau KTP-el," katanya, Senin 19 Oktober 2021.

Sasaran jemput bola yang dilakukan itu antara lain, penyandang disabilitas, masyarakat rentan yang mencakup orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), lansia, serta masyarakat adat terpencil atau di daerah kumuh.

Diketahui sarat agar seseorang bisa di vaksin adalah harus mempunyai NIK. Karena melalui NIK akan memudahkan data hasil vaksin masuk pada single identity number (SIN) atau satu data nasional.

"Bagi yang belum mempunyai KTP-el namun ingin divaksin, maka bisa berpedoman menggunakan Kartu Keluarga (KK), karena pada KK sudah ada NIK," pungkasnya.(HENDRI/B-6)

Berita Terbaru