Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Mintin Didorong Jadi Sentra Nanas

  • Oleh Asprianta
  • 09 November 2021 - 06:45 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Camat Kahayan Hilir Osa Maliki mengatakan letak Desa Mintin Kecamatan Kahayan Hilir yang berada di perlintasan Jalan Trans Kalimantan Palangka Raya Banjarmasin sangat berpotensi untuk pengembangan dan penjualan produk-produk unggulan desa. Baik, hasil kerajinan tangan, UKM dan hasil sektor pertanian.

"Seperti Desa Mintin ini, selain penghasil singkong, juga hasil pertanian buah nanas sangat bagus sehingga buah nanas ini bisa dijadikan produk unggulan desa," ucap Osa Maliki saat menghadiri penyerahan CSR PT PJB PLTU Pulang Pisau di Desa Mintin.

Melihat potensi tersebut, Osa sapaan akrab camat Kahayan Hilir mendorong kepada Pengurus PKK dan anggota untuk terus berkreasi dan inovasi dengan mengembangkan olahan buah nanas menjadi produk unggulan desa. Misanya kata Osa, buah nanas diolah menjadi selai, keripik dan aneka minuman segar.

“Karena letaknya yang cukup strategis berada di perlintasan jalan Trans Kalimantan Palangka Raya Banjarmasin sangat tepat untuk pemasarannya, karena banyak pengguna jalan melintas dan banyak juga yang mencari oleh-oleh untuk keluarga. Jadi, peluang ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin," kata Osa Maliki.

Untuk merealisasikannya, lanjut Osa, pihaknya akan berkoordinasi dengan Disperindag UMK Pulang Pisau supaya kedepan dapat diprogramkan untuk pelatihan dan pendampingan terkait pengolahan buah nanas kepada masyarakat Desa Mintin. Maka itu, bisa menjadi produk UMK Unggulan desa.

"Harapan kita, masyarakat Desa Mintin terus berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan, hasil nanas ini bisa menjadi produk unggulan desa dengan mengolah menjadi aneka minuman, keripik dan selai. Sehingga hasilnya bisa dapat menambah perekonomian keluarga," pungkasnya. (ang)

Berita Terbaru