Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kampanyekan Peduli Lingkungan, KHDTK Ganti Polybag Plastik dengan Anyaman Ramah Lingkungan

  • Oleh Magang 3
  • 28 November 2021 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pengelola Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Tumbang Nusa mengampanyekan peduli terhadap kelestarian lingkungan. Salah satunya mengganti polybag yang digunakan untuk pembibitan menggunakan bahan lebih ramah lingkungan.

KHDTGK menggunakan polybag yang terbuat dari berbahan dan dianyam menjadi bakul kecil.

"Polybag plastik kita ganti dengan bakul yang terbuat dari bambu. Itu kalau di tanah 4 bulan sudah hancur, sementara yang dari plastik itu bertahun-tahun tidak hancur. Dan ini ramah lingkungan," ucap Aril (52), pengelola KHDTK Tumbang Nusa, Minggu, 28 November 2021.

Polybag berbahan plastik memang masih digunakan sebagian warga saat ini. Seiring berjalannya waktu penelitian, akhirnya tercetus di KHDTK untuk mengganti plastik menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Dan memang harganya sedikit lebih mahal bisa mencapai Rp 5.000 untuk satuannya. Dibandingkan polybag plastik yang harganya lebih murah.

Dia mengatakan program menggunakan polybag bakul sudah berjalan dua tahun. Pihaknya juga sudah menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan produk itu.

Untuk saat ini, polybag bakul ini dibuat di Desa Pilang dengan memberdayakan masyarakat. Dan mereka mendapatkan penghasilan dari pembuatan polybag bakul ini.

Pihaknya berharap semoga kedepannya akan terus terealisasikan dengan penggunaan polybag bakul ini. (MAGANG 3/B-11)

Berita Terbaru