Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tergerus Abrasi dan Banjir Rob, Pemkab Kobar Berencana Bangun Jalan Penghubung Baru di Pesisir Kumai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 10 Desember 2021 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Lantaran jalan penghubung antardesa di kawasan pesisir Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tergerus akibat dampak banjir rob dan abrasi, Pemkab Kobar rencananya akan membangun jalan baru dilokasi yang dianggap relatif aman.

Bupati Kobar Nurhidayah, Jumat, 10 Desember 2021 mengatakan, rencana tersebut disampaikan berdasarkan kesimpulan usai meninjau beberapa desa yang terdampak abrasi dan banjir rob yang terjadi beberapa hari lalu.

"Sebagai upaya mitigasi dan antisipasi terjadinya hal serupa kedepan. Sehingga setelah melihat kondisi jalan yang ada, kemungkinan akan dicari lokasi alternatif untuk membuat jalan lingkar baru," kata Bupati.

Menurut Bupati, lokasi pembangunan jalan baru tersebut kemungkinan tidak jauh dari jalan utama atau di atas tebing sebelah utara desa.

"Melihat kondisi yang ada saat ini di Desa Keraya, kemungkinan kedepan jalan ini sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi untuk akses umum. Bila hanya akses untuk wisata, mungkin masih bisa. Jadi rencananya untuk jalan umum dialihkan melalui jalan lingkar baru yang tembus ke Desa Kumpai Batu Atas," jelas Bupati.

Kepala Dinas PUPR Kobar, Hasyim Mualim mengatakan, jalan baru tersebut nantinya dibangun dari Desa Bogam hingga Desa Sabuai.

"Panjangnya sekitar 15 kilometer menyambung jalan lingkar Kumpai Batu Atas-Sabuai yang sudah dibangun saat ini. Namun tentunya bakal dilakukan pembicaraan bersama dengan pemerintah desa dan tokoh masyarakat desa pesisir, sebelum rencana tersebut dilaksanakan," jelas Hasyim.

Selain itu, lanjut Hasyim, pembangunan jalan tersebut juga bermanfaat untuk melakukan pemekaran kawasan permukiman.

"Kalo sudah ada jalan baru, kawasan permukiman akan bertambah dan ekonomi cepat berkembang," jelas Hasyim. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru