Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelola Sumber Daya Alam Menjadi Produk Unggulan

  • Oleh Nopri
  • 04 Februari 2022 - 22:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran meminta, kepada kabupaten dan kota untuk dapat memaksimalkan pengelolaan dan pengolahan sumber daya alam di wilayahnya menjadi produk unggulan.

"Pengelolaan sumber daya alam harus dilaksanakan secara serius. Untuk itu, setiap pemerintah daerah harus dapat melihat peluang dan mengelola sumber daya berdasarkan potensi wilayahnya," katanya, Jumat 4 Februari 2022.

Untuk mendukung dengan hal ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga telah telah melakukan moratorium terhadap komoditas dari sumber daya alam dan inisiasi pembentukan kawasan pembangunan ekonomi terpadu di wilayah potensial.

"Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga telah merencanakan pengerukan tiga alur sungai yaitu Sungai Kapuas, Sungai Mentaya, dan Sungai Kumai, sebagai solusi untuk memudahkan arus keluar masuk barang melalui jalur laut dan sungai" ujarnya.

Pengelolaan potensi sumber daya alam pada sejumlah kabupaten/kota berdasarkan potensi wilayahnya. Dirinya menyakini pengelolaan sumber daya alam yang baik, akan sangat berdampak pada kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat lokal.

"Kita tidak ingin masyarakat Kalimantan Tengah hanya menjadi penonton saja. Kita ingin agar sumber daya alam dikelola oleh masyarakat asli Kalimantan Tengah agar manfaatnya dapat benar-benar dirasakan," tegasnya. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru