Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pria di Sampit ini Kembangkan Minuman Rempah Jamu Dilirik Pasar Luar Negeri

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 Februari 2022 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seorang pria bernama Edi Suripto (40), warga Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), ini tengah mengembangkan minuman serbuk rempah jamu herbal dengan sejumlah khasiat bagi yang meminumnya. 

Apa yang dibuatnya cukup menjanjikan. Bahkan, pasar luar negeri sudah mulai melirik. Karena, minuman yang disajikan tanpa bahan pengawet dan murni herbal. 

"Alhamdulillah saat ini sudah mulai bagus penjualannya, bahkan sudah ada orang Malaysia yang menghubungi, namun karena belum ada izin label halal, sehingga tidak bisa dipasarkan ke sana," ujar Suripto, Sabtu, 12 Februari 2022. 

Minuman rempah jamu yang dibuatnya tersebut berbentuk serbuk dengan 12 varian. Mulai dari jenis biji pepaya, bunga talang, beras kencur, bawang merah, kunyit asam jahe, kunyit sereh, dan beberapa varian lainnya. 

Sementara ini, dirinya menjual di sekitaran Kotim saja. Sambil menunggu proses pengurusan lebel halal. Karena dari BPOM sudah didapatkan. 

Meskipun penjualan hanya di Kotim, dalam sebulan minimal dirinya bisa menjual hingga 300 kemasan. Harga per kemasan sendiri yakni Rp 30 ribu. 

"Harganya murah kok, cuma 30 ribu, dan masa berlakunya hingga 1 tahun," kata Suripto. 

Minuman rempah jamu tersebut dibuatnya guna mempermudah masyarakat yang membutuhkan jamu untuk membawanya. Karena, selama ini jamu banyak dijual dengan olahan cair. 

"Kalau punya saya kan, tinggal bawa kemasannya, dan asal ada air sudah bisa dikonsumsi. Rasanya juga tidak pahit, namun ada manis-manisnya," terang Suripto. 

Ia mengaku dengan olahannya tersebut dapat membantu perekonomian keluarganya ditengah pandemi Covid-19 yang melanda saat ini. Dan ia berharap agar nantinya pemasaran bisa lebih luas lagi. 

Berita Terbaru