Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Fasilitasi Eksportir Kayu Gaharu

  • Oleh ANTARA
  • 19 Maret 2022 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah siap memfasilitasi eksportir kayu gaharu untuk memperluas jangkauan pemasaran produk yang mereka miliki.

"Di antaranya mengikutsertakan dalam agenda nasional berupa pengembangan ekspor," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Aster Bonawaty, Sabtu 19 Maret 2022.

Agenda yang dapat memperkuat peluang pemasaran eksportir itu antara lain kegiatan Design Dispact Service, hingga Trade Expo Indonesia. 

Disdagperin Kalteng juga memberikan dukungan berupa layanan administrasi surat keterangan asal selama 24 jam tanpa biaya, layanan rumah kemasan, hingga bantuan pengadaan peralatan produksi sesuai kebutuhan pelaku usaha.

"Layanan dan bantuan ini untuk semakin meningkatkan nilai tambah produk yang dihasilkan," jelas Aster yang pernah menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalteng tersebut

Sebagai upaya meningkatkan ekspor dan menggali berbagai potensi unggulan daerah, pihaknya bersama instansi terkait lain mendukung salah satu eksportir kayu gaharu di Palangka Raya yaitu Agarwood Store B.A.J.

Saat ini kegiatan ekspor kayu gaharu perusahaan tersebut telah merambah ke sejumlah negara, khususnya kawasan Timur Tengah dan seputaran Asia, seperti Arab Saudi, Dubai, Turki, Mongolia, Singapura, Malaysia, Hongkong, serta lainnya.

Pemilik Agarwood Store B.A.J Darminto mengatakan kapasitas produksi perseroan rata-rata mencapai 10 ton per bulan dengan nilai transaksi ekspor berkisar antara Rp250-500 juta setiap bulannya. “Jumlah tenaga kerja yang ada saat ini sebanyak delapan orang karyawan,” terangnya.

Menindaklanjuti hasil peninjauan lapangan, Disdagperin akan melakukan diskusi teknis secara lebih komprehensif untuk kemajuan ekspor kayu gaharu, utamanya dalam peningkatan nilai tambah produk, program hilirisasi dan diversifikasi produksi.

ANTARA

Berita Terbaru