Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Minta Pemerintah Perhatikan Anak Putus Sekolah di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 07 April 2022 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Duwel Rawing meminta kepada pemerintah agar dapat memperhatikan anak-anak yang putus sekolah di Kalteng.

Duwel mengatakan, khususnya di Kalteng sendiri ada begitu banyak anak-anak putus sekolah karena berbagai faktor seperti salah satunya perekonomian. Sehingga, hal ini perlu adanya solusi dari pemerintah supaya generasi penerus yang dimiliki bisa terus mengenyam pendidikan.

"Pendidikan ini merupakan salah satu hak dasar masyarakat yang wajib diperhatikan. Jadi jangan sampai anak-anak yang putus sekolah itu dibiarkan begitu saja, harus ada solusi atau langkah dari pemerintah supaya anak-anak yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ini bisa kembali sekolah," kata dia, Kamis, 7 April 2022.

Dia menjelaskan, pemerintah wajib memberikan hak dasar masyarakat terutama generasi muda untuk terus mengenyam pendidikan dan memberikan pendidikan yang layak. Pasalnya pendidikan merupakan salah satu unsur penting untuk membangun SDM berkualitas dan berdaya saing tinggi, sehingga pembangunan di berbagai bidang kedepan bisa terus berjalan.

"Generasi penerus merupakan generasi yang akan meneruskan pembangunan kedepan. Jadi sangat penting bagi pemerintah memperhatikan pendidikan generasi itu. Dalam memperhatikannya juga jangan hanya mengandalkan pemerintah pusat saja, tapi pemda, dan semua pihak lainnya harus bisa saling bersinergi," ujarnya.

Disebutkannya bahwa sinergitas sangat penting dijalankan seperti contohnya pemda pada tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota bisa menjalin kerjasama dengan investor untuk mengadakan beasiswa dan diberikan kepada anak-anak yang putus sekolah karena faktor perekonomian.

Selain itu, membantu anak-anak yang kurang mampu namun berprestasi agar bisa menyelesaikan pendidikannya setinggi mungkin. Dengan catatan jika sudah menyelesaikan pendidikannya harus kembali ke daerah masing-masing untuk berkontribusi dalam pembangunan.

"SDM yang kita miliki di Kalteng ini terutama lokal jangan sampai tertinggal dengan provinsi lain dari segi pendidikan, jangan biarkan anak-anak putus sekolah sebab itu sangat disayangkan, ini yang perlu menjadi fokus kita untuk memperhatikannya secara bersama-sama," tutupnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru