Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

118 Calon Kades di Gunung Mas Maju Pilkades Gelombang 1 Tahun Ini

  • Oleh Riska Yulyana
  • 08 Juli 2022 - 23:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Iltem memaparkan terkait data calon kepala desa dalam pilkades serentak gelombang I seluruh Kabupaten Gunung Mas tahun ini.

"Hasil penetapan dan pengundian nomor urut calon kepala desa sudah dilakukan pada 30 Juni 2022 lalu dan terdapat 118 calon dari 125 bakal calon yang mendaftar," ujarnya.

Sisanya dijelaskan tidak memenuhi syarat saat seleksi berkas atau ada yang mengundurkan diri. Dari 118 orang calon kepala desa terdiri dari 101 calon laki-laki dan 17 calon kades perempuan.

Jika dilihat berdasarkan jabatan atau pekerjaan, ada 5 calon yang berprofesi sebagai perangkat desa atau Badan Permusyawaratan Desa (BPD), 79 pegawai tidak tetap (PTT), pekerja swasta, petani, pekebun atau ibu rumah tangga. Kemudian 3 bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 1 seorang pensiunan.

Sedangkan jika dilihat berdasarkan pendidikan, ada 20 calon kades yang lulusan S-1, 4 calon yang lulus dari DI/II/III, 86 calon kades yang lulusan terakhirnya Sekolah Menengah Atas atau paket C sederajat dan 8 calon kades sekolah terakhirnya yakni dari Sekolah Menengah Pertama atau paket B sederajat.

"Sedangkan untuk jumlah Daftar Pemilih Sementara untuk saat ini ada 16.302 pemilih dan jumlah TPS ada 46 buah," tukasnya.  

Ada 41 desa di Kabupaten Gunung Mas yang akan mengikuti pilkades serentak gelombang I tahun 2022 yang dibagi ke dalam 10 wilayah kecamatan. (RISKA YULYANA/B-11)

Berita Terbaru