Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Ingatkan Pentingnya Transparansi Keuangan Daerah

  • Oleh Hendri
  • 21 Juli 2022 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengingatkan jajaran mengenai pentingnya mengedepankan transparansi keuangan daerah. Pasalnya uang yang digunakan untuk pembangunan daerah bersumber dari masyarakat melalui pajak.

"Transparansi sudah menjadi tuntutan masyarakat saat ini, sehingga aparatur dituntut untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah," kata Fairid.

Hal ini disampaikan Fairid saat membuka Bimtek SIPD yang dilaksanakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Swissbell Hotel, Kamis 21 Juli 2022.

"Masyarakat semakin paham, bahwa uang yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pemerintah merupakan uang yang diamanatkan kepada pengelola pemerintahan, sehingga keterbukaan penggunaan dana merupakan sebuah keharusan," ungkapnya.

Lalu, wujud transparansi dan akuntabilitas tersebut, tercermin dalam opini Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK atas penyajian laporan keuangan pemerintah daerah selama satu tahun anggaran.

"Alhamdullilah kita sudah 6 kali berturut-turut dapat opini wajar tanpa pengecualian. Tapi jangan merasa sudah cukup, terus berbenah agar semakin baik lagi ke depannya. Terutama untuk pejabat pengelola SIPD," tegasnya.

Acuan keterbukaan ini kata Fairid adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 3 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Aturan ini menyatakan transparansi adalah prinsip keterbukaan yang memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan akses informasi seluas-luasnya tentang keuangan daerah. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru