Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapuas Miliki Potensi Bidang Perikanan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 31 Juli 2022 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas, John Pita Kadang menyebutkan bahwa Kapuas memiliki potensi di bidang perikanan laut maupun perikanan air tawar.

Potensi perikanan laut ini, lanjut dia mengingat Kabupaten Kapuas dengan garis pantai sepanjang 37 KM, dan untuk perikanan air tawar yang terdiri dari sungai, danau dan rawa.

"Dengan kondisi wilayah seperti ini maka Kabupaten Kapuas memiliki potensi dalam bidang perikanan tangkap dan perikanan budidaya," kata John dalam sebuah kegiatan, baru-baru ini.

Disampaikannya juga di bidang budidaya perikanan telah berhasil dibudidayakan berbagai komoditi ikan diantaranya ikan patin, ikan nila, ikan lele, ikan gurami, ikan gabus, ikan toman, ikan betok/papuyu dan ikan bandeng.

"Usaha budidaya ini terus berkembang dimana pada tahun 2020 sebesar 19.327 ton produksi perikanan budidaya sebesar
mengalami kenaikan menjadi 23.700 ton meningkat 4.373 ton (22,62%)," ucapnya.

Dia juga bersyukur karena permodalan usaha budidaya ini kebanyakan berasal dari pembudidaya sendiri baik modal pribadi maupun diperoleh dengan cara pinjaman di bank.

"Kemudian sebagian juga ada bantuan sarana dan prasarana dari pemerintah baik pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat," tuturnya.

Dalam kegiatan itu, dia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama dari pemerintah pusat khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan yang selama ini telah banyak menyalurkan bantuan sarana dan prasarana budidaya bagi kami di kabupaten kapuas. "Dan semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B/6)

Berita Terbaru