Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terdampak Banjir, Sekolah di Kumpai Batu Bawah Diliburkan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 September 2022 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Desa Kumpai Batu Bawah (KBB) Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terdampak banjir akibat luapan Sungai Arut dan Sungai Bidara.

Luapan dua sungai tersebut tidak hanya membanjiri ratusan rumah penduduk, tetapi juga menggenangi kantor desa setempat, sekolah dan rumah ibadah. Akibatnya, peserta didik di sejumlah sekolah baik setingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar diliburkan sementara.

Kepala Desa Kumpai Batu Bawah, Bambang Silihwarno mengatakan, sekolah yang terdampak banjir sejauh ini ada 4, baik TK, SD maupun SMP.

"Untuk TK, dan SD baik SDN 1 maupun SDN 2 sudah diliburkan siswanya. Sedangkan untuk SMPN 9 sepertinya menyusul juga karena air sudah masuk hingga ke halaman sekolah," terangnya, Sabtu, 24 September 2022.

Selain itu, banjir juga merendam kantor desa mereka. Pelayanan kepada masyarakat untuk sementara ini dipindahkan ke aula kantor desa setempat.

Disebutkannya, banjir luapan Sungai Bidara juga merendam akses jalan poros penghubung menuju desa lainnya. Untuk memberikan rasa aman kendaraan roda 4, saat ini sudah dipasang pengaman oleh Balakar Manggala Yudha.

"Roda dua sudah tidak bisa lagi melintas sehingga dibuatkan jalan alternatif (Titian) di Jalan Urip Sumoharjo yang berada di belakang jembatan," tuturnya. (DANANG/B-7)
 

Berita Terbaru