Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecacatan RKA Jangan Terulang Lagi!

  • 28 Januari 2016 - 21:56 WIB

MENCUATNYA kasus Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kegiatan Ikrar Bhakti Anak Bangsa (IBAB) Kalimantan Tengah (Kalteng) 2016, menuai perhatian dan komentar dari legislatif. DPRD Kobar meminta kecacatan penyusunan RKA di Disdikpora tak kembali terulang.

Ketua DPRD Kobar, Triyanto mengakui, RKA cacat tersebut merupakan salah satu wujud keteledoran penyusunan di Disdikpora dan pengawasan di legislatif.

Sehingga temuan RKA cacat tersebut harus dijadikan bahan koreksi, terutama bagi Disdikpora. Mulai saat ini, Disdikpora Kobar harus lebih teliti dan wawas diri, terhadap penyusunan rencana kerja anggaran (RKA) kegiatan. Sebelum diajukan untuk masuk dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

'Bagaimanapun juga ini terjadi karena kesalahan kita. Ini harus jadi bahan koreksi. Karena dokumen seperti ini penting dan ketika ada kecacatan, maka bisa menimbulkan berbagai persepsi dan indikasi.

Saya sudah menegur pihak Disdikpora dan meminta hal seperti ini tidak terulang lagi. Dan kepala dinasnya bilang akan segara memanggil pejabat-pejabat yang menyusun RKA itu,' kata Triyanto, Kamis (28/1).

Sudah diteliti

Triyanto mengaku telah meneliti lebih lanjut atau melakukan pengcekan terhadap dokumen RKA yang masuk dari Disdikpora. Termasuk RKA yang cacat tersebut.

Namun dirinya tidak mendapati adanya anggaran kegiatan yang ganda. Sehingga dirinya berpendapat, kecacatan RKA berekening Kegiatan IBAB Kalteng Tahun 2016, namun berisikan anggaran kebutuhan kegiatan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kobar dan perkemahan Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif (ELY) itu terjadi karena kesalahan pengetikan saat penyusunan.

'Saya juga sudah berkonsultasi dengan DPKD (Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah). Mereka memastikan, bila terjadi dobel anggaran, akan ketahuan sistem di komputer. Kalau dobel, anggaran kegiatan yang dimaksud tidak akan muncul di sistem. Sudah saya cek, di RKA lain tidak ada anggaran kegiatan ELY.

Jadi sepertinya RKA IBAB itu sebenarnya untuk Kegiatan Kemah ELY. Redaksional judul rekeningnya yang salah.'

Sebelumnya, Kepala Disdikpora Kobar Aida Lailawati mengaku kaget dan baru mengetahui adanya RKA IBAB Kalteng 2016 yang disusun dipercayakan kepada para bawahannya itu cacat. Diakuinya, tidak semua RKA yang disusun bawahannya untuk dimasukkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Disdikpora itu dikomunikasikan kepadanya.(RD/B-7)    

Berita Terbaru