Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kalampangan Tukar Sampah Jadi Rupiah

  • Oleh Hendri
  • 16 Oktober 2022 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Keberadaan Bank Sampah di Kelurahan Kalampangan menjadi alternatif bagi warga setempat untuk menambah pundi-pundi rupiah. Dengan mengumpulkan sampah yang dapat didaur ulang, warga bisa menukarkan sampah itu menjadi uang maupun dalam bentuk barang.

"Sampah plastik seperti botol dan jenis lainnya termasuk kertas dapat ditukar menjadi uang atau barang. Nanti petugas akan memilah lagi supaya bisa didaur ulang," kata Direktur Bank Sampah Kalampangan, Tugimah, Minggu, 16 Oktober 2022.

Selama ini kata dia, pihaknya sudah sangat aktif mengedukasi masyarakat setempat agar dapat memanfaatkan sampah dengan bijak serta terus menjaga kebersihan lingkungan. Bahkan untuk mendukung itu Bank Sampah menjalin kerja sama dengan sektor pendidikan.

"Dengan pihak sekolah kami sudah MoU supaya sekolah bisa mengedukasi anak-anak agar peduli lingkungan sejak dini. Kalau generasi baru sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan maka masa depan jauh lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Kalampangan Yunita Martina mendukung penuh terobosan yang dilakukan pengurus Bank Sampah setempat. Menurutnya, kebersihan lingkungan bukan hanya tugas pemerintah saja, melainkan tugas seluruh lapisan masyarakat.

"Saya sangat berharap Bank Sampah ini dari masyarakat untuk masyarakat. Kalau bisa juga setiap RW ada dibentuk relawan khusus supaya mengajak dan mengedukasi warga di lingkungan masing-masing soal pemanfaatan dan pengelolaan sampah ini," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru