Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perhatikan Kesejahteraan Mantir Adat di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 23 Oktober 2022 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mendorong adanya perhatian pemda terhadap kesejahteraan mantir adat yang ada di wilayah Kalteng ini terutama desa.

Duwel mengungkapkan, terkait kesejahteraan mantir adat ini juga menjadi aspirasi yang disampaikan ketika pihaknya melaksanakan reses ke daerah-daerah di provinsi ini. Dan diharapkan hal itu bisa menjadi perhatian pemda.

"Mantir adat ini kan sebagai pembantu damang yang juga memiliki tugas dan fungsi serta peran, jadi kesejahteraannya juga penting untuk diperhatikan," ucap Duwel, Minggu, 23 Oktober 2022.

Dikatakan Duwel, seperti halnya di Desa Tumbang Malahoi, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) saat pelaksanaan reses pihaknya beberapa waktu lalu masyarakat mengusulkan agar mantir adat yang ada supaya keberadaannya diperhatikan.

Perhatian yang dimaksud yakni dengan memberikan bantuan berupa honor dari pemda dan juga baju seragam mantir adat. Terkait honor ini salah satu yang penting, sebab dengan mendapatkan honor maka mantir adat dapat bertugas dengan semangat dan maksimal.

"Bukan berarti ketika tidak mendapatkan honor mantir adat tidak bekerja dengan baik, tapi honor ini diberikan agar mereka dalam bekerja bisa lebih semangat lagi dan ini juga sebagai bentuk penghargaan dari pemda, nah dengan begitu juga kesejahteraan mereka diperhatikan," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru