Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Diharapkan Buat Terobosan untuk Memenuhi Kebutuhan Pakan Ikan di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 12 November 2022 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono berharap pemda di provinsi ini dapat membuat terobosan untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan.

Menurutnya, pakan ikan sangat penting untuk dapat diproduksi di daerah ini, mengingat sumber daya alam (SDA) atau bahan baku untuk membuat pakan ikan sangat melimpah di Bumi Tambun Bungai.

"Saat ini untuk pakan ikan kita lebih banyak mendatangkan dari luar provinsi, jadi dari segi harga itu mahal. Nah, apabila kita bisa produksi sendiri mungkin harganya bisa lebih murah," ucapnya, Sabtu, 12 November 2022.

Disebutkannya, terobosan yang bisa dilakukan oleh pemda di Kalteng ini yaitu membangun pabrik pakan ikan berskala besar, sehingga untuk memenuhi pakan ikan tidak lagi bergantung dengan provinsi luar.

Dia mengatakan, sangat disayangkan apabila SDA terutama bahan baku untuk membuat pakan ikan yang melimpah di Kalteng ini tidak dimanfaatkan dengan baik, oleh karenanya pemda perlu memikirkan hal tersebut.

"Industri atau pabrik untuk memproduksi pakan ikan ini perlu dipikirkan kedepan agar bisa dibangun di Kalteng. Jika dari segi anggaran tidak memadai, bisa bekerjasama dengan pemerintah pusat," tuturnya.

Dia berharap Kalteng ini kedepan bisa terus maju dan mandiri dalam segala hal termasuk memenuhi kebutuhan daerah. Pasalnya daerah ini hampir memiliki semuanya, hanya saja dari segi pengelolaannya masih belum maksimal.

"Banyak potensi yang kita miliki di provinsi ini, itu yang perlu pemda terus gali. Karena sudah saatnya Kalteng ini mandiri dalam segala hal, apalagi kita sebagai salah satu penyangga IKN Nusantara nantinya," imbuhnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru