Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Padi Hibrida Sebagai Solusi Pembangunan Pangan Indonesia

  • Oleh Penulis Opini
  • 26 November 2022 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Prediksi badan pangan dunia  Food and Agriculture Organization (FAO) terkait adanya ancaman krisis pangan global, menuntut seluruh bangsa di dunia untuk meninjau ulang kebijakan pembangunan pangan yang selama ini ditempuh, termasuk di Indonesia yang dikenal sebagai produsen padi nomor tiga terbesar di dunia, di bawah Tiongkok dan India, yang hingga kini masih terus berupaya mencarikan solusi terbaiknya.

Krisis pangan global betul-betul akan menjadi sebuah ujian bagi pengembangan sistem pangan bangsa dan negara yang harus disikapi secara serius.

Krisis pangan global, tidak boleh dianggap enteng. Sekali saja teledor dalam mengambil kebijakan, bisa jadi akan menjadi bumerang bagi kehidupan di masa mendatang.

Banyak pilihan kebijakan yang dapat diambil, baik di sisi produksi atau pun konsumsi pangan. Salah satu yang menarik untuk digarap adalah pengembangan padi hibrida yang memiliki potensi dan masa depan cerah.

Jika bangsa Indonesia mampu menerapkan tata kelola pengembangan padi hibrida yang berkualitas maka ancaman krisis pangan akan dapat menemui solusinya dengan lebih mudah.

Padi hibrida saat ini memang kembali jadi sorotan. Dengan produktivitasnya yang tinggi, pengembangan padi hibrida memberikan peluang dan kesempatan untuk mendongkrak produksi menuju ketersediaan pangan yang semakin kokoh.

Bagi bangsa ini, padi hibrida bukan hal yang sama sekali baru. Pemerintah sendiri telah mengenalkan padi hibrida kepada petani beberapa puluh tahun lalu.

Sekarang ini, Pemerintah sedang melakukan studi yang cukup intensif terkait dengan penyusunan peta jalan atau road map pengembangan padi hibrida.

Langkah ini tentu saja cukup menarik untuk dicermati. Betapa tidak, sebab dengan dikenalinya berbagai tantangan dan peluang ke depan, padi hibrida bisa menjadi pilihan kebijakan Pemerintah untuk memperkokoh ketahanan pangan bangsa dan negara.

Serangkaian Workshop dan Focus Grup Diskusi digelar di berbagai daerah yang selama ini dijadikan model percontohan budidaya padi hibrida.

Berita Terbaru