Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Usul Gunung Lumut di Barito Utara Dijadikan Cagar Budaya

  • Oleh Donny Damara
  • 16 Desember 2022 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Sri Neni Trianawati mengusulkan agar Gunung Lumut yang ada di Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara dijadikan sebagai cagar budaya.

Ia mengatakan, menjadikan Gunung Lumut sebagai cagar budaya maka akan dapat memberikan dampak positif terhadap pelestarian alam serta berbagai satwa maupun tumbuhan yang ada di kawasan tersebut.

"Ini sebagai upaya untuk menjaga dan melestarikan apa yang ada di kawasan tersebut, salah satunya yakni untuk mencegah dari aksi pencurian kayu dan penangkapan satwa langka," ucapnya, Jumat, 16 Desember 2022.

Ia menyebut, sangat disayangkan apabila apa yang ada di dalam kawasan Gunung Lumut tersebut dirusak oleh tangan oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Maka dari itu harus ada upaya untuk melindunginya salah satunya dengan menetapkan sebagai cagar budaya.

Diungkapkannya bahwa, terkait hal itu juga yakni harapan menetapkan Gunung Lumut sebagai cagar budaya menjadi salah satu aspirasi masyarakat di Kecamatan Gunung Timang pada saat pihaknya melaksanakan reses.

"Masyarakat juga meminta kepada pemerintah untuk menetapkan wilayah Gunung Lumut itu sebagai salah satu cagar budaya. Karena memang jika ditetapkan bisa juga menjadi salah satu destinasi wisata budaya di daerah setempat," tuturnya.

Dirinya berharap mengenai usulan pihaknya dan harapan masyarakat ini bisa menjadi perhatian pemerintah dalam rangka untuk menjaga dan melestarikan potensi di Kalteng ini, sehingga bisa memberikan manfaat bagi daerah maupun masyatakat. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru