Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ritual Babukung dan Nota Garung Pantan Jadi Warisan Budaya Takbenda

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 22 Desember 2022 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Ritual Babukung dan Nota Garung Pantan yang merupakan tradisi budaya khas Dayak Tomun yang sebagian besar mendiami Kabupaten Lamandau ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia.

Sertifikat WBTb Indonesia atas dua budaya tersebut diserahkan langsung oleh Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI saat acara puncak Malam Apresiasi Kebudayaan Indonesia tahun 2022, Senayan, Jakarta.

Selanjutnya, oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Abdul Kohar menyerahkan Sertifikat WBTb Indonesia tersebut kepada Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, disela-sela acara penyerahan beasiswa untuk mahasiswa di GPU Lantang Torang, Nanga Bulik.

Abdul Kohar mengatakan, penetapan tersebut sebagai bentuk penghargaan dan dukungan pemerintah pusat kepada daerah agar terus berinovasi, bergerak serentak mewujudkan kemajuan kebudayaan dan merdeka berbudaya.

“Kami sangat bersyukur ada 2 WBTb dari Lamandau yang telah ditetapkan. Ini merupakan satu satunya warisan budaya dari Kalimantan Tengah yang ditetapkan pada saat itu,” ungkapnya.

Dirinya berharap warisan budaya yang lainnya juga ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek. “Masih banyak warisan budaya yang akan didaftarkan ke kementerian, sehingga warisan budaya tersebut diakui secara yuridis menjadi milik kabupaten Lamandau,” sebutnya.

“Memang tidak mudah untuk memasukkan ke warisan budaya, karena diperlukan keasliannya, jika kesenian atau budaya yang sama sudah dimiliki daerah lain maka tidak bisa di klaim oleh daerah lainnya,” lanjutnya menjelaskan.

Dibeberkan Kadis Dikbud Lamandau, pihaknya akan membuka luas kepada semua kesenian dan budaya yang ada di Kabupaten Lamandau untuk bisa ditetapkan sebagai warisan budaya.

Diketahui, tahun 2022, sebanyak 718 usulan dari 34 provinsi didaftarkan untuk dinilai menjadi WBTb Indonesia. Melalui sidang penetapan, sebanyak 200 usulan resmi menjadi WBTb Indonesia. Saat ini terdapat 1.728 WBTb Indonesia yang sudah ditetapkan. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru