Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tabalong Ethnic Festival Tampilkan Permainan Tradisional

  • 18 Februari 2016 - 21:20 WIB

TABALONG Ethnic Festival 2016 yang dilaksanakan Ya'ya'san Putra/Putri Saraba Ka'wa di Taman Kota Tanjung pada 15-21 Februari, di'meriahkan berbagai per'main''an tradisional, seper'ti balogo, main tali, dan ba'dako.

Menurut perwakilan pa'ni'tia penyelenggara dari Ya'yas'an Pusaka Erlinda, Kamis (18/2/2016), permainan tra'disional itu ditampilkan Fo'rum Anak Daerah Kabu'pa'ten Tabalong dengan ha'rap'an mempopulerkan kem'bali permainan zaman du'lu kepada masyarakat.

'Selama ini permainan tra'disional anak-anak mulai jarang dipertontonkan ka'rena itu Forum Anak Dae'rah Kabupaten Tabalong ingin mempopulerkan per'main'an tradisional anak-anak seperti cukcuk bimbi, ba'dako, dan balogo melalui Ta'balong Ethnic Festival,' ungkap Erlinda.

Selain menampilkan ane'ka permainan tradisio'nal lo'kal, Tabalong Ethnic Fes'tival juga dimeriahkan atrak''si beladiri kuntau da'ri perkumpulan Tujuh Se''pucuk dan Hasim Harimau dari Desa Kasiau, Kecamat'an Murung Pudak.

Lalu disuguhkan pula ke'senian tradi'sional daerah Banjar seperti Maman'da yang dibawakan Sanggar Pusaka Tanjung. Ada pula suguhan Mu'sik Panting yang ternyata mampu men'ja'di magnet pada festival bu'daya di Bumi Saraba Ka'wa ini.

Direktur Yayasan Pusaka Fir'man Yusi mengatakan Ta'balong Ethnic Festival tahun ini akan mengundang drummer dari Group Band Gi'gi Gusti Hendy yang akan ber'kolaborasi dengan alat mu'sik tradisional Banjar.

'Kolaborasi drummer Gigi dengan alat musik tra'disional daerah oleh Sanggar Suluh Banua rencana'nya kita gelar Sabtu malam de'ngan tampilan pembuka be'rupa musik Bambu dari Ko'ta Banjarmasin,' sebut Firman.

Selanjutnya puncak acara Ta'balong Ethnic Festival bakal dimeriahkan dengan Ethnic Carnaval yang akan di'ikuti sekitar 200 peserta, baik per kelompok maupun perorangan. Mereka akan menampilkan beraneka ragam busana tradisional khas Suku Ban'jar dan Da'yak. (Ant/B-3)

Berita Terbaru