Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Selatan Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Abrasi dan Puting Beliung

  • Oleh Uriutu
  • 30 Januari 2023 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemkab Barito Selatan menetapkan status tanggap darurat bencana tanah longsor/abrasi dan puting beliung. Penetapan tersebut hasil dari rapat sebagai tindak lanjut atas terjadinya bencana tanah longsor/abrasi dan angin puting beliung beberapa waktu lalu. 

“Berdasarkan hasil rapat tersebut kita bersama instansi terkait menetapkan status tanggap darurat bencana tanah longsor/abrasi dan angin puting beliung selama 25 hari mulai 25 Januari sampai 18 Febuari 2023,” kata Kepala pelaksana BPBD Barsel, Alip Suraya , Senin, 30 Januari 2023.

Ia menuturkan, penetapan status tanggap darurat bencana itu karena telah terjadi tanah longsor atau abrasi di Desa Baru, Muara Talang, Desa Penda Asam dan di Jalan Karau.
Dari kejadian tersebut, terdata 7 rumah warga yang mengalami kerusakan dan 127 rumah terancam. Kemudian di Desa Danau Harapan, rumah-rumah lanting dihantam angin puting beliung.

“Dalam rapat tersebut kita juga bakal memberikan bantuan khusus bagi warga terdampak musibah bencana abrasi dan angin puting beliung,” beber dia.

Dia menyebut bahwa pihaknya akan segera melaksanakan rapat kembali untuk menentukan jenis bantuan yang diberikan. Contohnya di Desa Danau Harapan yang rumahnya terkena bencana puting beliung, ranah bantuannya di Dinas Perkimtan.

“Kita hanya komando dan koordinator serta menetapkan status. Tindak lanjutnya di instansi terkait, contohnya seperti COVID-19 bantuannya di Dinas Kesehatan,” jelas dia. (URIUTU DJAPER/Y)

Berita Terbaru