Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Katingan Meluap, Keramba Rusak Diterjang Kayu

  • 25 Februari 2016 - 11:48 WIB

KASONGAN (Borneo): Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Katingan sejak Rabu (24/2) sore hingga Kamis (25/2) menyebabkan Sungai Katingan meluap.

Namun luapan air sungai belum sampai merendam permukiman warga, dan hanya menggenangi halaman dan pekarangan terutama warga yang bermukim di bantaran Sungai Katingan.

Meluapnya air Sungai Katingan ini dikeluhkan sejumlah pemilik keramba di Kampung Banjar Kelurahan Kasongan Lama.

Pasalnya akibat sungai meluap tidak jarang keramba warga setempat rusak, karena selain diterjang batang kayu yang larut juga karena perubahan posisi.

"Sebenarnya keramba kita sudah kita beri pelampung yang cukup, tapi karena adanya pergeseran mengikuti debit air ya ada beberapa keramba kita jaringnya sobek terkena batang kayu," sebut Rahman salah seorang pemilik keramba di Kampung Banjar, Kamis (25/2) kemarin.

Rahman mengaku rusaknya sebagian keramba miliknya menyebabkan tidak sedikit ikan yang hilang.

"Kita tidak tahu jumlahnya, yang jelas keramba yang jaringnya bolong itu berisi ikan nila yang sudah berumur tiga bulan," ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Katingan, Icing mengatakan sejauh ini bencana banjir yang terjadi tidak begitu mengkhawatirkan.

"Meski sebagian wilayah terendam banjir, namun warga menganggap itu hal biasa," sebutnya.

Menurutnya di daerahnya selama ini tidak pernah terjadi banjir yang besar. Terakhir banjir besar terjadi pada 2008 lalu.  (GP/*)

Berita Terbaru