Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Coklit Perdana di Barito Selatan Dimulai Dari Rumah Sekda

  • Oleh Uriutu
  • 13 Februari 2023 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok -  KPU Barito Selatan mulai melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih, yang dimulai dari rumah Sekda Barsel, Eddy Purwanto. Minggu, 12 Febuari 2023.

“Sesuai dengan tahapan dan jadwal bahwa mulai hari ini 12 Febuari-14 Maret 2023 melakukan Coklit data pemilih. Coklit perdana dimulai dari rumah jabatan Sekda Barsel dan serentak se-Barsel,” kata ketua KPU Barsel, Bahruddin saat mendampingi Pantarlih melakukan Coklit.

Data pemilih pada Pemilu 2024 di Barsel sebanyak 98.400 yang telah dipetakan di masing-masing TPS yang tersebar di 93 Desa/Kelurahan se-Barsel.

Awalnya, sambung dia, telah dipetakan sebanyak 444 Tempat Pemungutan Suara atau TPS. Namun, setelah mendapat petunjuk dari KPU-RI untuk melakukan restrukturisasi dan pemetaan ulang berubah menjadi 403 TPS.

“Pantarlih yang melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih tersebut sama dengan jumlah TPS tersebut sebanyak 403 orang,” beber dia.

Adapun jumlah TPS per Kecamatan yakni, untuk Kecamatan Jenamas 23 TPS, Dusun Hilir 51 TPS dan Kecamatan Karau Kuala 46 TPS.

Kemudian di Dusun Utara 53 TPS, Gunung Bintang Awai 62 TPS dan Kecamatan Dusun Selatan 168 TPS.

Ia menyampaikan pada tanggal 12 Febuari 2023 Pantarlih baru dilakukan pelantikan oleh PPS, kemudian dilanjutkan apel kesiapan dan pembekalan bimbingan teknis singkat sebelum melaksanakan coklit dari rumah ke rumah warga.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar menerima petugas atau Pantarlih berkunjung ke rumah dengan menyiapkan e-KTP atau kartu keluarga sebagai dasar pencocokan dan penelitian.

“Coklit juga tidak hanya dilakukan secara manual, tetapi juga diwajibkan coklit melalui android yang telah terinstal di masing-masing HP Pantarlih,” ucap dia.

Berita Terbaru