Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Bartim Harap PPS dan LO Bantu Verifikasi Faktual Dukungan Bacalon DPD RI

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 18 Februari 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bawaslu Barito Timur berharap Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Liaison Officer (LO) membantu proses verifikasi faktual syarat dukungan minimal pemilih bakal calon (bacalon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI agar berjalan dengan lancar.

"Kami berharap kepada PPS yang membantu kegiatan verifikasi faktual dapat melaksanakan tugas dengan baik. Kita ketahui bahwa kegiatan verifikasi faktual ini adalah meneliti dan mencocokkan dokumen persyaratan terhadap objek yang ada di lapangan apakah sudah sesuai," kata Koordinator Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Barito Timur Dwi Darma Putra pada rakor dan bimbingan teknis verifikasi faktual syarat dukungan minimal pemilih bacalon anggota DPD RI di GPU Mantawara Tamiang Layang, Sabtu, 18 Februari 2023.

Ia meminta PPS agar dapat memfasilitasi petugas pengawas di tingkat kecamatan yang ikut mengawasi verifikasi faktual agar dapat berjalan sesuai prosedur yang berlaku.

"Kami berharap LO juga berperan aktif menyiapkan pendukung yang akan diverifikasi faktual," imbuh Dwi.

Sementara, Ketua Bidang Hukum dan Pengawasan KPU Barito Timur Novan Budiono mengungkapkan, verifikasi faktual akan dilakukan dengan menemui pendukung di tempat tinggalnya atau tempat lain atau meminta petugas LO untuk mengumpulkan
pendukung di kantor PPS maupun tempat lain yang disepakati.

Jika pendukung yang dituju tidak dapat ditemui di tempat tinggalnya atau tempat lain atau tidak dapat dikumpulkan, maka dapat menggunakan sarana teknologi informasi.

"Kemudian, jika penggunaan sarana teknologi masih tidak dapat dilakukan maka dapat melalui rekaman video yang memuat informasi identitas pendukung dan kebenaran dukungan pendukung," tandasnya. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru