Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OPD Diminta Cermati Usulan Prioritas Musrenbang RKPD

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 21 Februari 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau Hendra Lesmana meminta organisasi perangkat daerah (OPD) mencermati seluruh program prioritas yang menjadi usulan dalam musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pemerintah daerah (Musrenbang RKPD).

“Saya minta seluruh OPD mencermati usulan program prioritas dalam musrenbang RKPD dengan menyesuaikan rancangan rencana strategi (renstra) OPD masing-masing,” kata Hendra di Nanga Bulik. Selasa, 21 Februari 2023.

Hendra menyebut, musrenbang RKPD merupakan tahap awal pelaksanaan rencana pembangunan daerah (RPD). Oleh karenanya kegiatan itu harus dipandang sebagai saluran resmi menyampaikan aspirasi masyarakat dalam rangka memperoleh akses yang memadai, dalam kebijakan perencanaan pembangunan dan penganggaran daerah.

“Jadi musrenbang RKPD tingkat kecamatan yang dilaksanakan tahun ini bukan sekadar wadah penyusunan rencana kerja baik perangkat daerah maupun pemerintah daerah,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Lamandau ini menjelaskan pelaksanaan musrenbang RKPD merupakan salah satu tahapan proses perencanaan pembangunan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Pada tahapan selanjutnya, program-program prioritas akan diusulkan ke dalam rencana perangkat daerah untuk dibahas dalam forum lintas perangkat daerah di tingkat kabupaten.

“Kegiatan ini sangat penting dan strategis, di samping untuk menjaring aspirasi masyarakat, juga untuk menghasilkan kesepakatan dalam penentuan usulan prioritas program kegiatan,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru