Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pastikan Kelengkapan Kapal Feri

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 11 Maret 2023 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Upaya pemerintah daerah kabupaten pulang pisau melalui Dinas Perhubungan setempat dalam memberikan pemahaman dan kesadaran sekaligus pembinaan sebagai bentuk pengawasan akan mengutamakan keselamatan berlayar terus dilakukan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pulang Pisau Supriyadi menuturkan bahwa pihaknya bersama sejumlah instansi terkait melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan alat keselamatan Kapal Feri penyeberangan di Bumi Handep Hapakat.

"Yakni pemerintah kepada pemilik kapal feri, nahkoda maupun anak buah kapal untuk kemudian kita lakukan pembinaan agar lebih mengutamakan keselamatan berlayar kepada dua unit kepal di Kecamatan Kahayan Hilir bermuatan roda dua yakni pelabuhan kalawa dan gemini," tuturnya.

Selanjutnya, Kecamatan Pandih Batu dilaksanakan di pelabuhan palambahen dengan sasaran satu unit muatan kapal roda empat, Kecamatan Maliku di pelabuhan badirih dengan target sasaran dua unit kapal muatan roda empat dan lima unit kapal muatan roda dua.

Diterangkan dia, kegiatan pengawasan dan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan alat keselamatan kapal feri penyebrangan tersebut dilakukan secara bersama-sama dengan lintas instansi terkait itu untuk mengetahui kondisi kelengkapan kapal feri penyebrangan yang melintas di sungai.

"Di antaranya pemeriksaan kelengkapan dokumen japal, alat keselamatan dan surat Kecakapan nahkoda, begitu juga alat keselamatan serta kondisi Kapal baik mesin maupun kondisi body kapal. Guna memastikan terwujudnya keselamatan pelayaran yang aman, nyaman dan tertib, ” tuturnya.

Supriyadi menambahkan dari hasil pemeriksaan kapal-kapal tersebut, pihaknya masih ditemukan adanya kapal yang belum melengkapi alat keselamatan, sehingga pihaknya memberikan pembinaan berupa teguran secara lisan agar dengan segera melengkapi hal tersebut.

"Saat pemeriksaan kita menemukan adanya satu unit kapal yabg tidak membawa dokumen saat berlayar dengan dalih dokumen tertinggal di rumah. Meski demikian kita memberikan himbauan kepada pemilik kapal agar memperhatikan keselamatan penumpang dengan segera melengkapi alat-alat keselamatan sesuai dengan jumlah penumpang yang diangkut," tukasnya. (ahm)

Berita Terbaru