Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Minta Pemda Perhatikan Sektor Pendidikan di Katingan

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Maret 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah mengungkapkan hasil reses perseorangan yang dilaksanakan belum lama ini di Kabupaten Katingan, tepatnya di Desa Telaga, Kecamatan Kamipang. Masyarakat disana meminta kepada pemda agar memperhatikan sektor pendidikan di wilayah setempat.

Dikatakannya, berdasarkan aspirasi yang dihimpun, masyarakat setempat berharap adanya tindak lanjut dan realisasi pelaksanaan berita acara serah terima personel, sarana dan prasarana (Sarpras) dan Dokumen Kabupaten Katingan dari Pemerintah Kabupaten Katingan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng Nomor BA/33/II.1/Pem/2016, tanggal 7 Oktober 2016.

Di dalam dokumen itu membahas terkait pembangunan SMA Negeri 1 Kamipang yang berlokasi di Desa Telaga, pasca pembubaran SMA Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Telaga yang pengelolaanya telah dilimpahkan dari yayasan pendidikan PGRI kepada pemda.

"SMA Negeri 1 Kamipang ini nantinya akan menjadi satu-satunya sekolah menengah atas, untuk menampung peserta didik dari tujuh desa di lingkup Kecematan Kamipang. SMA Negeri 1 Kamipang memerlukan adanya pembangunan sarpras pendidikan seperti ruang kelas, ruang laboratorium beserta peralatannya, perpustakaan, kantor sekolah, mushala, pagar dan penataan halaman sekolah," ungkapnya, Sabtu, 18 Maret 2023.

Kemudian lanjutnya, objek kebudayaan dan wisata sakral Alun-Alun Tarantang memerlukan dukungan promosi untuk semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun luar negeri, serta dukungan hibah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berupa sarana prasarana wisata seperti, dermaga, kapal wisata/susur sungai dan pembangunan guess house bagi kelompok sadar wisata maupun simpul wisata.

"Selain pembangunan sekolah SMA Negeri 1 Kamipang, masyarakat juga sangat berharap agar pemerintah daerah dapat memberi dukungan, terkait percepatan pembangunan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang sementara ini beroperasi menggunakan balai desa setempat," ucapnya.

Selain dukungan di sektor pendidikan Srikandi Partai Golkar ini mengatakan, masyarakat mengharapkan bantuan pemerintah dalam mempromosikan objek kebudayaan dan wisata sakratl Alun-alun Tarantang. Melalui dukungan tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

"Alun-Alun Tarantang merupakan salah satu objek wisata yang dalam waktu dekat ini akan ditetapkan dengan Perda Kabupaten Katingan, sebagai Desa Wisata Berbasis Masyarakat, Budaya dan Lingkungan di Kalteng. Dukungan berupa promosi sangat perlu, termasuk juga dukungan hibah dari Pemprov Kalteng berupa sarana prasarana wisata seperti, dermaga, kapal wisata/susur sungai dan pembangunan guess house bagi kelompok sadar wisata maupun simpul wisata," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru