Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPAD Kobar Buru Arsip Bersejarah

  • 13 Maret 2016 - 19:51 WIB

SELAIN mengumpulkan arsip dan dokumentasi dari berbagai instansi  yang bernaung di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) saat ini juga mulai melakukan pencarian arsip sejarah Kobar yang dimiliki secara pribadi oleh individu. 

Kepala KPAD Kobar, Safwan menjelaskan, pencarian arsip tersebut diperlukan karena sulitnya mencari literatur yang bisa digunakan masyarakat untuk keperluan ilmiah.

'Pencapaian arsip yang mempunyai nilai sejarah tersebut mulai dari dengan mengunjungi kediaman bapak Gusti HM Yusuf yang berada di dekat Pemandian Putri Tujuh Istana Mangkubumi,' jelas Safwan.

Menurutnya, dalam kunjungan tersebut pihaknya mendapatkan sembilan arsip berupa buku 'langka' yang menjelasakn tentang kesultanan dan sejarah Kobar. 

'Dari beberapa buku yang kami dapatkan ada yang menjelaskan pemerintahan di Kobar sebelum dan pascakemerdekaan Indonesia 1945. Mohon maaf saya lupa judul dan  pengarangnya, karena hingga kini copi buku tersebut masih kami tempatkan di ruang arsip dan hanya sempat dibaca sebagian kecil saja,' jelasnya.

Menurut Safwan, agar buku tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat, maka pihaknya memfotocopi setiap lembar halaman buku. 

'Untuk arsip berupa foto, kami melakukan scanning, sehinga arsip foto yang berbentuk digital bisa kamio simpan,' jelasnya.

(YD/B-7)

Berita Terbaru