Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Usul agar Banjarmasin Perbanyak Aset Lahan Pertanian

  • Oleh ANTARA
  • 09 April 2023 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Banjarmasin - Komisi II DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengusulkan pemerintah kota setempat memperbanyak aset lahan pertanian demi ketahanan pangan.

"Karena lahan pertanian di daerah kita terus berkurang digerus pembangunan perumahan dan lainnya, harus ada upaya mempertahankannya dari pemerintah kota," ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasin Awan Subarkah di Banjarmasin, Sabtu.

Cara yang efektif, ungkap dia, pemerintah kota membeli lahan pertanian sebagai aset daerah agar terus menjadi lahan pertanian berkelanjutan.

"Pemkot kan sudah pernah melakukan itu, ada aset lahan pertanian, kita usulkan diperbanyak lagi," ujarnya.

Usulan ini pun, kata Awan, sudah pihaknya sampaikan dengan dinas ketahanan pangan, pertanian dan perikanan kota setempat pada saat rapat pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota tahun 2022.

Karena pengadaan lahan untuk pelestarian lahan pertanian dan untuk lahan resapan di kota ini tidak bertambah lagi, sehingga pihaknya mengusulkan itu agar kembali dilaksanakan.

"Jadi kita harap usulan ini direspon pemerintah kota, demi ketahanan pangan dan menjaga daerah resapan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin M Makhmud menyatakan sangat merespon usulan legislatif untuk memperbanyak aset lahan pertanian tersebut.

Bahkan komitmen Pemkot Banjarmasin bahwa setiap tahun membeli 5 hektare lahan milik masyarakat untuk menambah aset lahan pertanian produktif di Banjarmasin.

"Saat ini aset lahan pertanian Pemkot baru sekitar 5 hektare di Kecamatan Banjarmasin Timur," paparnya.

Berita Terbaru