Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

LPJK Kalteng Bakal Gelar Uji Sertifikasi Ketrampilan Gratis

  • 18 Maret 2016 - 13:27 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Kalteng akan menggelar pelatihan keterampilan dan uji kopetensi untuk mendapatkan Sertifikasi Keterampilan (SKT) secara gratis. 

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua III LPJK Kalteng Akhmad Suwandi kepada Borneo News, Jumat (18/3/2016).

"Tenaga terampil yang berminat mendapatkan SKT bisa mendaftar ke Kantor LPJK Kalteng di jalan Janah Jari nomor 14 Palangka Raya atau ke e-mail di [email protected]," kata Wakil Ketua III LPJK Kalteng Akhmad Suwandi kepada Borneo News, di Palangka Raya, Jumat (18/3/2016).

Adapun kopetensi SKT yang akan diujikan adalah juru gambar arsitektur dan sipil yang masing-masing untuk 30 orang. Kompetensi pelaksana bangunan/pekerjaan gedung, saluran irigasi, dan pekerjaan jalan yang masing-masing untuk 30 orang.

Kemudian, kompetensi mandor tukang batu/bata/beton, dan mandor tukang kayu yang masing-masing juga berjumlah 30 orang. Serta 50 orang peserta untuk kompetensi juru ukur dengan sub bidang kuantitas pekerjaan jalan dan jembatan.

"Total tenaga terampil yang kita dorong untuk mendapatkan SKT pada kegiatan ini sebanyak 260 orang. Sumber kegiatan ini berasal dari dana APBN melalui Balai Jasa Konstruksi Banjarmasin, kecuali untuk kopetensi juru ukur yang berasal dari dana APBD," tambahnya.

Sebelumnya, Manager Badan Pelaksana LPJK Kalteng Katiman mengatakan, syarat bagi tenaga terampil yang hendak mengikuti kegiatan ini hanya menyerahkan fotocopy KTP, fotocopy Ijazah terakhir, serta biodata diri yang berisi pengalaman kerja.

Katiman menjamin, peserta tidak dipungut biaya karena biaya fasilitasi sertifikasi keterampilan (SKT) akan ditanggung panitia. Selain itu, peserta akan mendapatkan modul pelatihan dan konsumsi selama kegiatan berlangsung.

"Perlu kami tegaskan, panitia tidak menanggung biaya transportasi, akomodasi, konsumsi dan penginapan peserta yang berasal dari luar kota Palangka Raya, kecuali konsumsi selama kegiatan," tegasnya.

Untuk kegiatannya, lanjut Katiman, akan berlangsung pada minggu ketiga atau keempat Maret 2016 bagi kompetensi juru gambar arsitektur dan pelaksana saluran irigasi. Sedangkan juru gambar sipil akan dilaksanakan pada minggu kedua atau ketiga April 2016.

D

isusul kompetensi mandor tukang batu/bata/beton yang berlangsung pada minggu ketiga atau keempat April 2016. Dan pelaksana pekerjaan jalan yang akan berlangsung pada minggu keempat April 2016.

Sedangkan pada Mei 2016 akan berlangsung uji kompetensi untuk pelaksana bangunan gedung/pekerjaan gedung pada minggu kedua atau ketiga. Berlanjut dengan mandor tukang kayu pada minggu ketiga atau keempat, serta juru ukur kuantitas pekerjaan jalan dan jembatan pada minggu keempat.

"Bagi tenaga terampil yang berminat mendapatkan SKT diharapkan dapat segera mendaftarkan diri secepatnya, mengingat jumlah peserta untuk kegiatan ini terbatas. Jangan khawatir tidak diterima hanya karena tingkat pendidikan rendah. Selama bisa membaca, menulis dan menggambar, serta memiliki pengalaman yang dinilai cukup teruji, peserta memiliki kesempatan besar untuk memperoleh SKT kok," ajaknya berpromosi. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru