Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Anggaran Pilkada Serentak di Kalteng Harus Disiapkan Dengan Baik

  • Oleh Donny Damara
  • 16 Mei 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering meminta agar anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 mendatang dipersiapkan dengan baik dan matang.

Pasalnya, saat ini masih terdapat keluhan terkait minimnya dana sharing pembiayaan pelaksanaan Pilkada tahun 2024 dari sejumlah daerah, sehingga mengenai persiapan anggaran itu perlu menjadi perhatian.

"Kita ada menerima informasi bahwa dana sharing yang disiapkan pemprov melalui KPU Kalteng hanya untuk membayar honor petugas panitia pemilihan kecamatan atau PPK saja, tidak ada untuk yang lainnya," ungkapnya, Selasa, 16 Mei 2023.

Dikatakannya, ada baiknya memang KPU Kalteng  sharing membayar honor semua petugas Ad-hoc baik itu PPK, Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) secara menyeluruh, tidak hanya pada petugas tertentu saja.

Ia menyebut, sangat wajar jika KPU kabupaten dan kota mengeluhkan minimnya dana sharing dari KPU provinsi, sebab apabila hanya mengandalkan anggaran yang ada di tiap daerah hal itu pastinya tidak mencukupi, padahal pemilu diharapkan berjalan lancar.

Menurutnya, KPU khususnya Pemprov Kalteng harusnya bisa mencontohkan Provinsi Jawa Timur (Jatim), di mana KPU Jatim menyediakan dana sharing 40 persen dan kabupaten atau kota 60 persen untuk membayar honor semua petugas Ad-Hoc.

"Tidak ada salahnya kita mencontohkan provinsi lain dalam menyiapkan dana sharing pilkada ini. Tentu kami dari Komisi I akan berkomunikasi dengan pihak terkait untuk menindak lanjuti keluhan para penyelenggara pemilu di sejumlah daerah ini, harapan kita nanti bisa direspon," tandasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru