Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPS di Kelurahan Nanga Bulik Berkurang Hingga 280 Pemilih

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 Juni 2023 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Daftar pemilih aktif di Kelurahan Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau, berkurang 280 pemilih dari semula daftar pemilih hasil pemutakhiran yang berjumlah 14.069 pemilih kini tinggal 13.789 pemilih.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Nanga Bulik, Moso M Pero mengungkapkan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan berkurangnya jumlah pemilih aktif di ibukota Kabupaten Lamandau itu.

Selain itu, lanjut dia, penyebab lainnya lantaran adanya pemilih yang meninggal dunia, ditemukannya data pemilih yang pindah ke TPS lokasi khusus dan belum tersaringnya anggota TNI-Polri dalam daftar pemilih hasil pemutakhiran.

“Penyebabnya karena kegandaan, pindah ke TPS khusus, ada yang meninggal dunia dan ada yang sudah menjadi TNI/Polri,” terang Moso saat dikonfirmasi pada Minggu, 4 Juni 2023.

Dijelaskan Moso, ketika ada masyarakat melaporkan pemilih yang tercantum dalam daftar pemilih hasil pemutakhiran meninggal dunia atau ternyata sebagai anggota TNI-Polri, pihaknya akan melakukan koreksi dan tidak lagi mencantumkan nama-nama tersebut ke dalam daftar pemilih.

Selain itu, terang dia, ketika dilakukan kroscek data secara nasional ternyata terdapat daftar pemilih ganda, pihaknya akan memastikan jika nama yang tercantum tersebut benar-benar berada dan berdomisili di Kabupaten Lamandau.

Jika sebaliknya, lanjut Moso, yang bersangkutan berada di luar daerah dan akan menggunakan hak pilihnya di luar Nanga Bulik, atau pindah memilih di TPS lokasi khusus, PPS setempat akan mencoretnya dari daftar pemilih.

“Jika terdapat data ganda, kami akan melakukan kroscek, sehingga pemilih yang bersangkutan tidak kehilangan hak pilihnya,” jelas Moso.

Diketahui, PPS Nanga Bulik telah menggelar tiga kali rapat pleno terbuka. Yakni, penetapan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP), penetapan rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perubahan (DPSHP) dan rekapitulasi DPSHP akhir.

Pada rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP, PPS Nanga Bulik menetapkan 14.069 pemilih aktif. Sementara pada rapat pleno rekapitulasi DPSHP, PPS Nanga Bulik menetapkan 13.834 pemilih aktif, dan pada rapat pleno rekapitulasi DPSHP akhir ditetapkan sebanyak 13.789 pemilih aktif di Kelurahan Nanga Bulik.

Berita Terbaru