Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Investasi Salah Satu Pilar Pembangunan di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Juni 2023 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau Hendra Lesmana menyebut jika investasi merupakan salah satu pilar pembangunan. Untuk itu, pihaknya terus berupaya memperkuat empat faktor pendukung, agar para investor mau berinvestasi di wilayah setempat.

Orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba itu menyatakan jika keempat faktor itu penting terus diperkuat karena investasi menjadi pondasi utama dalam memajukan suatu daerah.

“Adapun keempat faktor pendukung itu yakni, infrastruktur, sumber daya manusia, kepastian hukum dan manajemen resiko,” ungkap Bupati Hendra di Nanga Bulik, Selasa, 6 Juni 2023.

Menurut Bupati, infrastruktur yang perlu diperkuat saat ini adalah jalan dan jembatan serta listrik. Di mana faktor itu menjadi pendukung utama dan selalu menjadi perhatian serius para investor ketika akan berinvestasi di suatu wilayah.

Kemudian, lanjut Hendra, jaminan hukum dan kepastian keamanan yang menjadi prioritas kedua dalam sebuah investasi di suatu wilayah, serta menguatkan sumber daya yang ada, termasuk tenaga kerja yang harus disiapkan. Terakhir, berkaitan dengan keberlanjutan dari sebuah kegiatan investasi bagaimana mengatur managemen resikonya.

“Ketika kita berbicara infrastruktur tadi, maka in line-nya sudah searah dengan apa yang diharapkan oleh pemerintah daerah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, apabila hal itu dapat terus dilakukan, maka sektor lain juga bisa ikut bergerak seperti pertanian, perkebunan, perikanan maupun pariwisata. Begitu juga untuk hal lainnya termasuk UMKM.

“Sebagai masyarakat yang madani tentunya kita tidak mungkin terkotak-kotak implementasinya berdasarkan friksi-friksi saja, tetapi semua elemen masyarakat harus bisa ikut semua,” harapnya.

Sementara, terkait pembangunan sumber daya manusia, Pemkab Lamandau sudah meluncurkan berbagai program seperti alokasi dana untuk beasiswa daerah, menggelar pelatihan dan workshop secara rutin, serta sejumlah upaya untuk meningkatkan kapasitas SDM.

Bahkan, imbuh dia, dengan adanya kampus Politeksnik Lamandau diharapkan mampu menyiapkan tenaga-tenaga terampil yang siap terjun di dunia industri, sehingga mereka siap menghadapi industrialisasi di masa depan. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru