Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apkasindo Lamandau Berharap Harga TBS Sawit Segera Normal

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 08 Juni 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Lamandau Mesriadi berharap harga tandan buah segar (TBS) sawit segera pulih kembali.

“Saat ini harga TBS sawit mengalami penurunan. Tren harga sawit pada minggu ini terus turun apabila dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Kami berharap bisa segera pulih,” ujar Mesriadi di Nanga Bulik, Kamis, 8 Juni 2023.

Mesriadi mengaku, pihaknya masih tetap optimistis jika harga tandan buah segar kelapa sawit akan bisa naik kembali dan tentu hal tersebut juga perlu perhatian pemerintah.

“Kami terus optimis harga pasti berangsur-angsur kembali naik walaupun diterpa isu European Union Deforestation-Free Product Regulation (EUDR) oleh Uni Eropa tetapi impor mereka kan tidak banyak,” sebut dia.

Menurutnya, saat ini tender harga produk minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) dan kernel atau inti buah sawit dilakukan oleh  Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) di bawah Kementerian BUMN RI.

“Sekarang ini tender CPO oleh KPBN di bawah Kementerian BUMN tetapi recananya Juli mendatang diambil alih Bappebti di bawah Kementerian Perdagangan,” jelasnya.

Diketahui, harga TBS sawit tertinggi di umur 10 hingga 20 tahun, yakni Rp2.126,09 per kilogram atau mengalami penurunan dari sebelumnya yang seharga Rp2.201,55 per kilogram. Kemudian harga TBS sawit terendah di umur 3 tahun Rp1.585,14 per kilogram dari sebelumnya yang seharga Rp1.641,38 per kilogram.

Naik dan turunnya harga TBS sawit juga sangat dipengaruhi oleh Indeks K dan harga CPO serta kernel. Saat ini harga CPO Rp9,928.98 per kilogram mengalami penurunan di mana sebelumnya Rp10,283.45 per kilogram. Harga kernel Rp4,951.49 per kilogram dan turun dari periode sebelumnya Rp5,118.28 per kilogram.

Ditambahkan Mesriadi, tak bisa dimungkiri, Kabupaten Lamandau merupakan salah satu daerah penghasil kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Kebanyakan matapencaharian masyarakatnya bergantung pada hasil kelapa sawit.

“Apkasindo sebagai wadah bagi para petani sawit akan merespon keresahan masyarakat, khususnya petani sawit akibat turunnya harga TBS,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru