Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Dia 1.266 Pelanggan Listrik PLN Yang NAKAL

  • 27 Maret 2016 - 20:00 WIB

Defisit daya listrik, masih jadi persoalan serius di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Defisit setrum masih berkisar sekitar 3 - 4,6 megawatt (MW) tiap harinya. 

Selain diakibatkan berkurangnya kemampuan produksi pembangkit pemasok daya listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN), krisis daya listrik ini juga disebabkan oleh ulah para pelanggan listrik yang nakal. 

Jumlah pelanggan PLN yang memakai daya listrik di luar ketentuan kontrak diperkirakan lebih dari 1.266 pelanggan.

Manager PLN Rayon Pangkalan Bun, Purwanto mengungkapkan, operasi penertiban terhadap para pelanggan nakal telah pihaknya lakukan, bekerjasama dengan pihak kepolisian. Namun karena keterbatasan petugas dan adanya bentrok dengan pelanggan di lapangan, maka penertiban itu sulit ditargetkan kapan akan selesai. 

'Sesuai aturan. Akan kita sanksi berupa pembayaran biaya penertiban (P1) dan distandarkan sesuai daya kontraknya,' ujar Purwanto, Minggu (27/3).

Dari pantauan PLN, pelanggan PLN yang melakukan praktek manipulasi daya listrik di luar kontrak diperkirakan lebih dari 1.266 pelanggan. 

Karena bukan hanya pada pelanggan pemakaian maksimum saja. Melainkan juga pemakaian minimum, jam nyala tinggi, dan jam nyala minimum. 'Semua itu tergabung dalam daftar pelanggan perlu diperhatikan (DLPD). Termasuk pelanggan prabayar.' (RD/B-12)

Berita Terbaru