Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilih Muda di Lamandau Diminta Aktif dan Kritis

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 10 Juni 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Jumlah pemilih muda di Kabupaten Lamandau akan mendominasi jumlah pemilih pada Pemilu 2024. Dari jumlah pemilih sementara saat ini yang mencapai 75.593 pemilih, hampir separuhnya merupakan pemilih yang lahir pada 1981 hingga 2012.

“Separuh lebih daftar pemilih berasal dari kalangan muda. Sudah semestinya pemilih muda lebih aktif dan kritis pada pemilu 2024,” kata Anggota KPU Kabupaten Lamandau, Wawan Kusnadi di Nanga Bulik, Sabtu, 10 Juni 2023.

Wawan juga mengajak para pemilih muda untuk turut serta mengawal setiap tahapan pada pemilu 2024, termasuk memberikan masukan jika masih ada calon pemilih yang belum tercatat ke dalam daftar pemilih sementara (DPS).

Meski di Indonesia memilih merupakan hak dan bukan sebuah kewajiban, namun KPU tetap berkepentingan mendorong masyarakat yang telah mempunyai hak pilih untuk menggunakannya di hari pemungutan suara nanti.

“Tidak ada alasan bagi pemilih muda ini untuk tidak menggunakan hak pilihnya,” ajak Wawan.

Tidak sampai disitu, KPU menurut Wawan, juga berharap pemilih kritis dengan peserta pemilu yang ada, mencermati partai politik maupun calon-calon yang diusung pada pemilu.

“Ada 18 partai politik sekarang boleh dilihat-lihat partainya apa saja, yang tertarik ke partai ini itu silakan. Calonnya siapa dan seterusnya itu bisa dibaca-baca, bisa dicek calon-calon itu,” katanya.

Wawan juga berpesan kepada seluruh elemen masyarakat agar bersama mewujudkan pemilu yang damai dan menyatukan. Sebagaimana tagline KPU saat ini, ‘pemilu sebagai sarana integrarsi bangsa’.

“Jadi tidak boleh memecah belah, seakan-akan kita mau perang. Ini musyawarah bersama, cara kita memilih wakil rakyat, memilih presiden dengan cara menggunakan hak pilih di TPS,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru