Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Lamandau Terus Kenalkan Program IKD

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 14 Juni 2023 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamandau, terus mensosialisasikan identitas kependudukan digital (IKD) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah setempat, sebagai upaya mempermudah pelayanan kependudukan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Kabupaten Lamandau Kamini Anthus mengatakan, pihaknya akan mendatangi sejumlah kantor organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memperkenalkan IKD sekaligus melakukan aktivasi.

“Kami sudah memulai kegiatan ini sejak Program IKD dilaunching beberapa bulan lalu, kami langsung tancap gas,” ungkap Anthus di Nanga Bulik, Rabu, 14 Juni 2023.

Menurutnya, IKD akan mempermudah masyarakat dalam pelayanan kependudukan karena dokumen kependudukan tidak perlu lagi dicetak atau disimpan dalam bentuk fisiknya di dompet, tetapi dapat disimpan di gadget atau telepon genggam berbasis android.

“Apa yang kami laksanakan ini merupakan implementasi dari program Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia,” katanya.

Untuk masyarakat yang ingin memiliki identitas digital syaratnya harus memiliki telepon genggam berbasis android atau smartphone dan pada daerahnya harus memiliki jaringan internet.

“Kita memberikan pelayanan pembuatan identitas ini secara bertahap,” ujarnya.

Dia menambahkan, Disdukcapil Kabupaten Lamandau akan tetap memberikan layanan kependudukan berbentuk fisik dan layanan manual seperti saat ini pada masyarakat yang belum memiliki telepon genggam android, maupun tidak memiliki jaringan internet.

“Kami tetap menerapkan prinsip double track system services, pemberian layanan dengan dua jalur, layanan digital, dan secara fisik manual,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru