Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Desa Motivasi Warga dalam Pembangunan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 21 Juni 2023 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau Hendra Lesmana berharap Lomba Desa mampu menjadi sarana untuk memberikan motivasi kepada warga untuk membangun desanya masing-masing. Sekaligus sebagai media untuk menggali potensi desa.

“Desa memiliki banyak potensi yang belum dikembangkan, maka dibutuhkan gerakan untuk meningkatkan motivasi dan kebersamaan masyarakat dalam membangun desa,” ucap Hendra, Rabu, 21 Juni 2023.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) saat ini sedang melakukan penilaian lomba desa untuk mencari desa terbaik, yang selanjutnya diikutkan pada tingkat nasional. Desa Bumi Agung dan Kelurahan Nanga Bulik dipercaya mewakili Kabupaten Lamandau pada lomba desa.

Dalam tahap penilaian yang dilaksanakan tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalteng itu dipusatkan di Balai Desa Bumi Agung. Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Lamandau.

Dikatakan Bupati, apapun hasil dari perlombaan, diharapkan masyarakat dapat terus mencetuskan inovasi-inovasi baru yang berkelanjutan sehingga dapat memajukan daerahnya, dan menjadi contoh bagi desa/kelurahan lain agar tiap tahunnya dapat mengikuti perlombaan dengan lebih baik lagi.

“Melalui lomba desa ini diharapkan bisa memotivasi warga maupun pemerintahan desa agar senantiasa melakukan terobosan dan bekerja sama dalam memajukan daerahnya sesuai dengan potensi di masing-masing wilayah,” kata Hendra.

Bupati berharap, agar tim penilai dapat menilai secara objektif dan secara utuh melihat desa yang potensial saat mengikuti perlombaan. Lomba desa ini sebagai wadah untuk membuktikan bahwa pembangunan tidak hanya melulu di tingkat perkotaan saja.

“Tetapi membangun daerah juga harus dimulai dari tingkat desa,” jelasnya.

Bupati menambahkan, pentingnya lomba desa ini dilaksanakan, diantaranya untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan desa dan kelurahan dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

“Hal ini penting selain untuk mengukur kinerja kita, sekaligus untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan yang ada, sehingga pembangunan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga sekitar,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru